• Blog Stats

    • 93,058 hits

Peduli Pesantren: Menyiapkan Rumah di Surga, Pembangunan Ponpes Santri Songo dan Mushola Baiturrahman Saptosari Gunung kidul

Peduli Pesantren:

Menyiapkan Rumah di Surga, Pembangunan Ponpes Santri Songo dan Mushola Baiturrahman Saptosari Gunung kidul

  PEDULISEHATI MENYIAPKAN RUMAH DI SURGA (1)

“Dari Abi Hurairoh ra. Bahwa Rasulullah Saw. Bersabda: Ketika seseorang meninggal maka putuslah amal darinya kecuali tiga hal: Shadaqoh Jariyah; ilmu yang bermanfaat; dan anak yang shalih selalu mendo’akannya.” (HR. Muslim no. 1631)

 Mari ikut menyiapkan Rumah di Surga dengan berpartisipasi:

  1. Donasi Pembangunan PP. Santri Songo
  2. Donasi Fasilitas Santri PP. Santri Songo
  3. Pembangunan Mushola

 PEDULISEHATI MENYIAPKAN RUMAH DI SURGA (2)

Dari Jabir bin ‘Abdillah ra. Rasulullah Saw. Bersabda: “Siapa yang membangun masjid karena Allah walaupun hanya selubang tempat burung bertelur atau lebih kecil, maka Allah bangunkan baginya (rumah) seperti itu pula di surga.” (HR. Ibnu Majah)

Santri Songo dan H. Usman Hiayatullah

Pondok Pesntren Santri Songo terletak di dusun Pule, Ngloro, Saptosari, Gunungkidul, Yogyakarta. Pondok yang berdiri tahun 2008 ini diasuh oleh H. Usman Hidayatullah. Beliau adalah seorang petani, namun memiliki niat dan tekad yang kau untuk mendirikan pondok pesantren yang menampung santri yatim dan dhuafa. Beliau memiliki dua orang anak laki-laki dan satu orang istri. Keseharian H. Usman Hidayatullah adalah mengajar, ceramah, dan bertani. Santri di pondok ini terdiri dari yang mukim dan tidak mukim. Santri yang mukim dan tidak mukim semua adalah dari tingkat SD-SMP. Namun juga aktivitas untuk kalangan orang tua di PP. Santri Songo yaitu kajian. Aktivitas Santri PP. Santri Songo dimulai dari ba’da shubuh yaitu mengaji, sekolah, sore hari mengaji sampai pukul 09.00. Santri PP Santri Songo diberikan fasilitas gratis mulai dari makan, sekolah, jajan, buku, kitab dan lain-lain.

PEDULISEHATI MENYIAPKAN RUMAH DI SURGA (3)

Pondok dan Kondisinya

Di tempat yang sangat sederhana, santri menghabiskan waktunya untuk belajar di PP Santri Songo. Kondisi bangunan permanen, semua lantai masih semen/belum dikasih ubin, atap belum di plafon. Kondisi dapur hanya berdinding gedeg, alat masak menggunakan kayu bakar. Kamar mandi sudah permanen namun masih berlantai semen dan kamar mandi yang ada masih digunakan bersama. Bangunan PP Santri Songo terdiri dari dua bangunan yang bersebelahan bangunan pertama digunakan untuk ruang mengaji, kamar santri putri, dapur, kamar pengasuh, ruang tamu. Sedangkan ruangan yang kedua utnuk santri putra.Di tengah kesederhanaan ini santri hanya tidur beralaskan tikar.PP Santri Songo berencana akan meneruskan bangunan ketiga yang berada tepat di samping pondok putra yang sekarang sudah berdiri pondasi, akan tetapi karena kendala pendanaan pembnagunan macet sementara dan akan dilanjutkan setelah ada dana. Sekarang ini lahan tersebut digunakan untuk menanam jagung, ubi dan komoditi lain.

 PEDULISEHATI MENYIAPKAN RUMAH DI SURGA (4)

Musholah dan Kondisinya

Sekitar 150 m dari PP. Santri Songo ada sebuah mushola yang merupakan tempat melaksanakan ibadah sholat lima waktu, pengajian dan kegiatan lainnya oleh PP. Santri Songo dan masyarakat. Mushola ini cukup jauh dengan Masjid/Mushola lainnya. Sehingga Mushola ini menjadi tujuan utama masyarakat. Mengingat kondisi bangunan saat ini memerlukan pembenahan dan perluasan bangunan karena mengingat Mushola saaat ini cukup kecil. Sedangkan jama’ah bertambah banyak dan keadaan bangunan yang cukup mendesak membutuhkan pembenahan. Disamping itu, dari lantai kalau hari hujan keluar air sehingga membanjiri ruangan. Juga tempat wudhu dan WC putra dan Putri saat ini masih menjadi satu, harapannya akan dipisah.

 Animasi Pedulisehati Kecil

Ikutsedekah

Print

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: