• Blog Stats

    • 93,058 hits

Peduli Keluarga Sehati : Semangat Menyala dari Keluarga Tunanetra

PEDULI KELUARGA SEHATI:

SEMANGAT YANG MENYALA DARI KELUARGA TUNANETRA

            Malam itu takkan pernah terlupa. Malam dimana kami mengunjungi sebuah keluarga sederhana di Jolosutro Srimulyo Piyungan Bantul Yogyakarta. Keluarga hebat yang mengagumkan. Untuk sampai ke rumahnya kami mesti menembus malam yang cukup sunyi ,Jalan sempit naik bukit karena letak rumah yang cukup terpencil di bawah bukit. Listrik dengan nyala redup dan lebatnya hujan menemani silaturahim kami ke rumah keluarga Bapak Walijan.  Sempat agak was-was karena tebing di depan rumah beliau longsor, untungnya tak sampai mengenai bangunan rumah, hanya halaman mungil yang kena longsoran.

            Herfiyanto, anak kelas III SMP Khusus Tunanetra. Anak hebat ini mengalami Katarak Konginental sejak lahir, sehingga kedua matanya tidak bisa berfungsi normal. Bulan Juli 2011 atas bantuan Sahabat dan saudara Herfi menjalani operasi mata. Bulan Januari 2012 Herfi disarankan dokter untuk membeli kacamata yang dapat membantu mobilitasnya sehari-hari. Namun sampai akhir pekan kemarin keluarga belum mampu membelinya. Maka kami dari Peduli Sehati, berniat untuk membantu membelikannya dengan dana titipan dari para donatur.

Sesampai disana kami cukup kaget karena ternyata bukan hanya Herfi yang mengalami gangguan fungsi mata, tetapi kakaknya, Rohmadi, yang sekarang duduk di kelas II MAN Khusus Tunanetra jurusan agama, juga mengalami hal yang sama. Bukan itu saja, bapaknyapun ternyata juga mengalami gangguan penglihatan dari lahir. Hingga di keluarga itu hanya ibunya dan adiknya yang masih sekolah di SD yang normal penglihatannya. Rohmadi pekan  kemarin juga menjalani operasi dan sekarang masih pengobatan rutin.

Cukup berat beban biaya yang ditanggung keluarga bapak Walijan ini untuk mengobati anak-anaknya. Sementara beliau hanya mengandalkan penghasilan dari pekerjaannya sebagai pande besi ( Tukang membetulkan peralatan pertanian seperti parang pacul dll ) di pasar-pasar di sekitar rumahnya. Bapak Walijan memang tidak bisa pergi jauh dari rumahnya karena kondisinya dengan penglihatan yang terbatas sekali, Istrinya membantunya dengan bertani seadanya sekedarnya.

Ada Yang membuat kami menitikkan airmata, mendengar tuturan Ayah yang tunanetra dengan Dua anak yang tunanetra juga, “Aku Judeg,putus asa,tau pirang pirang minggu raiso turu, Ngrasakne Kondisi Anak ro awakk koyo ngene (Aku sangat bingung dan stress, pernah beberapa minggu tidak bisa tidur, merasakan kondisi anak dan diri seperti ini ). Subhanallahu walllahuAkbar. Semoga Allah memberikan ketabahan dan kesabaran untuk bapak Walijan.

            Ada yang luar biasa ketika kami masuk ke rumahnya yang bocor saat hujan, di atas meja sederhananya berjajar banyak piala hasil prestasi ke 3 anak Bapak Walijan. Dari lomba hafalan  Qur’an tingkat kecamatan, Lomba Musabaqoh Tilawatil Qur’an ( MTQ ), Lomba Tartil Qur’an , hingga Lomba Gitar Akustik tingkat Nasional.  Sungguh membanggakan. Dengan segala keterbatasannya anak-anak bapak Walijan bisa  menorehkan prestasi yang luar biasa. Semangat hidupnya  luar biasa. Cita-citanyapun mulia. Herfi ingin menjadi guru, sedang Rohmadi kakaknya ingin meneruskan kuliah dan menjadi seorang pengusaha yang sukses.

Ketika kami bertanya pada Bapak Walijan, dengan mantap beliau menjawab hanya ingin anak-anaknya menjadi anak-anak sholeh yang selalu mendoakan orang tuanya. Tidak ingin harta benda, tetapi anak sholeh itulah tabungan yang beliau harapkan. Sungguh pengharapan yang mulia.

Semoga kita yang memiliki banyak kelebihan diberi kemudahan untuk mengulurkan bantuan kepada keluarga Bapak Walijan dan keluarga Sehati lain yang membutuhkan Bantuan. Hingga kitapun tidak kalah mulia dengan keluarga Bapak Walijan karena kita pun memiliki investasi dari shodaqoh yang kita keluarkan, dan akan mendekatkan kita pada pertolongan Allah. Ajrakallahu wa Barakallahu fi kum ,Aaamiiin….

pedulisehati 2013 dot com

Peduli dan Dukungan

SEKARANG KLIK :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: