• Blog Stats

    • 93,058 hits

Mari Satukan Hati Peduli Yatim

 

PROGRAM PENGASUH YATIM

pedulisehati 2013 dot com

YAYASAN PEDULI SEHATI

Mari Satukan Hati

Peduli Anak  Yatim

dan Mengasuh Anak Yatim

Nabi Muhammad Saw  perhatian dan kasih sayang kepada anak yatim.

1. RUMAH YATIM


Program Pengasuhan Anak Yatim di Rumah Anak Yatim di Asuh di Lingkungan keluarga. Biaya Makan , Sekolah Kesehatan dll Berkerjasama dengan Yayasan Peduli Sehati

 “Aku dan pengasuh anak yatim [kelak] di surga seperti dua jari ini” [HR. Bukhari] –saat mengucapkan kalimat itu, Rasulullah menunjuk jari telunjuk dan jari tengah sembari merapatkan keduanya.

 “Sebaik-baik rumah kaum Muslimin ialah rumah yang terdapat di dalamnya anak yatim yang diperlakukan [diasuh] dengan baik, dan seburuk-buruk rumah kaum Muslimin ialah rumah yang di dalamnya terdapat anak yatim tapi anak itu diperlakukan dengan buruk.”

[HR. Ibnu Majah].

2. PANTI ASUH YATIM

Nabi Muhammad  SAW memberi perhatian lebih kepada anak yatim. Beliau lahir ke dunia dalam keadaan yatim. Allah swt berfirman, “Bukankah Dia mendapatimu sebagai seorang yatim, lalu Dia melindungimu. Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang bingung, lalu Dia memberikan petunjuk. Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang kekurangan, lalu Dia memberikan kecukupan. Adapun terhadap anak yatim, maka janganlah kamu berlaku sewenang-wenang. Dan terhadap orang yang meminta-minta, maka janganlah kamu menghardiknya. Dan terhadap nikmat Tuhanmu maka hendaklah kamu menyebut-nyebutnya [dengan bersyukur]. “

[QS ad-Dhuha: 6-11]

Makna ayat tersebutsecara harfiah adalah bahwa beliau dalam keadaan yatim lalu Allah swt melindunginya; beliau dalam keadaan tersesat lalu Allah memberinya petunjuk; beliau dalam keadaan fakir lalu Allah memampukannya. Allah melindunginya dengan mengasuhnya, membimbingnya, dan mencukupinya. Itu adalah derajat keutamaan yang tidak pernah dicapai oleh seseorang pun di dunia.

Allah swt mendidiknya saat kecil dan mengujinya dengan keyatiman saat beliau masih janin serta mengujinya dengan kelaparan sejak masih kecil, dan dewasa dengan kematian si ibu, saat beliau masih kecil dengan keterasingan di tengah-tengah keramaian, dan dengan terjaga di tengah-tengah tidur serta dengan penderitaan demi penderitaan. Allah swt telah menyiapkannya sejak usia dini untuk memikul beban risalah terakhir.

Meski dipelihara Allah, anak yatim tetap membutuhkan uluran tangan dari lingkungan sekitarnya. Terutama dari segi kasih sayang orangtua, yang tak mereka dapatkan dari orangtua kandungnya. Terlebih jika anak yatim tersebut masih ada hubungan darah dengan kita. Sedemikian pentingnya persoalanini, Rasulullah berkata, “Demi yang mengutus aku dengan hak, Allah tidak akan menyiksa orang yang mengasihi dan menyayangi anak yatim, berbicara kepadanya dengan lembut dan mengasihi keyatiman serta kelemahannya, dan tidak bersikap angkuh dengan apa yang Allah anugerahkan kepadanya terhadap tetangganya. Demi yang mengutus aku dengan hak, Allah tidak akan menerima sedekah seorang yang mempunyai kerabat keluarga yang membutuhkan santunannya sedang sedekah itu diberikan kepada orang lain. Demi yang jiwaku dalam genggaman-Nya, ketahuilah, Allah tidak akan memandangnya [memperhatikannya] kelak pada hari kiamat”

3. Pemberdayaan Yatim

[HR. Ath- Thabrani].

Di hari raya, Rasulullah Saw bersabda, ”Siapa yang memakaikan seorang anak pakaian yang indah dan mendandaninya pada hari raya, maka Allah swt akan mendandani/menghiasinya pada hari Kiamat. Allah swt mencintai terutama setiap rumah, yang di dalamnya memelihara anak yatim dan banyak membagi-bagikan hadiah. Barangsiapa yang memelihara anak yatim dan melindunginya, maka ia akan bersamaku di surga.”

Dalam kesempatan lain, dari Ibnu Abbas Ra., Rasulullah bersabda, ”Dan barangsiapa yang membelaikan tangannya pada kepala anak yatim di hari Asyura, maka Allah Ta’ala mengangkat derajat orang tersebut untuk untuk satu helai rambut satu derajat. Dan barangsiapa memberikan [makan dan minum] untuk berbuka bagi orang Mukmin pada malam Asyura, maka orang tersebut seperti memberikan makanan kepada seluruh umat MuhammadSaw dalam keadaan kenyang semuanya.”— al-Hadits.

 4. BEASISWA YATIM

5. KESEHATAN YATIM

SMS/Hotline : 08572-9000-655

 DONASI ASUH YATIM

 Khusus Info Tentang Program Pengasuh Yatim

di Blog Sederhana :

http://pengasuhyatim.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: