• Blog Stats

    • 52,688 hits

Peduli : Penyantunan dan Pengusapan Anak Yatim

Penyantunan

dan Pengusapan  Anak Yatim

“Klik Film berikut : Sedikit,  Dokumentasi Penyantunan  Pengusapan Anak Yatim,

Dengarkan Lantunan Pujian Anak Yatimnya

Menyentuh hati dan melembutkan hati”

Kenapa Kita Harus Peduli Yatim?

KLIK  Film di bawah ini ,Program Peduli Anak Yatim

Ayat Ayat Dalam Al Qur’an
“Dan mereka bertanya kepadamu mengenai anak-anak yatim. Katakanlah, “Memperbaiki keadaan anak-anak yatim itu amat baik bagimu.”

(QS Al Baqoroh,2:220)

“Dan hendaklah kamu berbuat baik kepada ibu bapakmu dan kaum kerabat dan anak-anak yatim.”

(QS An Nisaa,4:127)

“Maka adapun terhadap anak yatim, maka janganlah engkau hinakan.”

(QS Ad Dhuha,93:9)

 

Hadist Kenapa kita Harus Peduli Yatim

Rasulullah saw. bersabda, “Aku dan penjaga anak yatim akan berada di dalam Jannah yang berdekatan seperti dekatnya jari tengah dan jari telunjuk.” Rasulullah saw. mengisyaratkan bahwa jari tengah lebih tinggi dari jari telunjuk, maksudnya adalah karena kenabian, kedudukan beliau saw. lebih tinggi dari orang lain, tetapi ‘penjaga’ anak yatim dan penjaga harta mereka akan berada berdekatan dengan beliau Nabi  saw.

 “Barang siapa yang mengikutsertakan seorang anak yatim diantara dua orang tua yang muslim, dalam makan dan minumnya, sehingga mencukupinya maka ia pasti masuk surga.”

[HR. Abu Ya’la dan Thobroni, Shohih At Targhib].

“Ada seorang laki-laki yang datang kepada nabi Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam mengeluhkan kekerasan hatinya. Nabipun bertanya : sukakah kamu, jika hatimu menjadi lunak dan kebutuhanmu terpenuhi ? Kasihilah anak yatim, usaplah mukanya, dan berilah makan dari makananmu, niscaya hatimu menjadi lunak dan kebutuhanmu akan terpenuhi.”

[HR Thobroni,At Targhib]

Suatu ketika Saib bin Abdulloh rodhiyallohu ‘anhu datang kepada Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam, maka Nabi sholallohu ‘alaihi wa sallam bersabda kepadanya :
“Wahai Saib, perhatikanlah akhlak yang biasa kamu lakukan ketika kamu masih dalam kejahiliyahan, laksanakan pula ia dalam masa keislaman. Jamulah tamu, muliakanlah anak yatim, dan berbuat baiklah kepada tetangga.”

[HR.Ahmad dan Abu Dawud, Shohih Abu Dawud]

Pengusapan Anak Yatim

Rasululllah saw bersabda :
“Barangsiapa meletakkan tangannya di atas kepala anak yatim dengan penuh kasih sayang, maka Allah akan menuliskan kebaikan pada setiap lembar rambut yang disentuh tangannya. (HR. Ahmad, Ath-Thabrani, Ibnu Hibban, Ibnu Abi Aufa)

” seorang laki-laki mengeluh kepada Nabi s.a.w., karena hatinya yang keras.

Nabi s.a.w. berkata: -‘Usaplah kepala ya

tim, dan berilah makan orang miskin’.

(HR. Ahmad)

Adalah Pesantren Darussalam yang terletak di dusun Gatak desa Plosogede kecamatan Ngluwar kabupaten Magelang Jawa Tengah, yang sejak 7 tahun terakhir memfasilitasi masyarakat untuk melakukan penyantunan dan pengusapan anak yatim. Acara penyantunan dan pengusapan anak yatim berlangsung setiap Hari Lebaran Anak Yatim ( Istilah untuk hari 10 Muharam / Assyuro). Dalam acara ini masyarakat sekitar sangat antusias mengikutinya, tidak hanya dari golongan kaya tetapi warga yang masuk kriteria miskinpun sangat antusias memberikan pengusapan dan penyantunan kepada anak-anak yatim yang setiap tahunnya rata-rata berjumlah 80 an anak yang disantuni.

Bahkan pernah ada seorang nenek yang “hanya” memberikan permen demi melaksanakan sunnah Rasul menyantuni dan mengasihi anak yatim. Sungguh sesuatu yang membuat terharu sekaligus membuat malu bagi orang yang lebih mampu namun belum juga tergerak untuk menyantuni anak yatim.

Pengusapan dan penyantunan anak yatim   dilaksanakan padasetiap  10 Muharram,   bapak ibu  Sahabat dapat berpartisipasi dalam acara penyantunan dan pengusapan anak yatim, dapat juga menyalurkan donasi KAPANPUN ( tidak harus 10 Muharam bisa),   lewat Rekening Yayasan Peduli Sehati untuk mendukung program ini maupun program lain.

Jika ingin datang langsung ke Pondok Pesantren Yatim Tahfidhul Qur’an Daarusalam Alamat : Desa Plosogede  Ngluwar Magelang ( Lihat Peta, Lokasi Terpolosok  dan desa, Bertanyalah jalan yang Mudah karena Jalanmenuju Lokasi beberapa Rusak karena Dampak Lahar dingin Merapi )

Atau Donasi Via Peduli Sehati

untuk Program Pengasuh Anak Yatim

Diriwayatkan bahwa Rasul saw menyayangi anak2 yatim, dan lebih menyayangi mereka pd hari 10 muharram (Asyura). dan menjamu serta bersedekah pd 10 muharram bukan hanya pd anak yatim tapi keluarga, anak, istri, suami dan orang orang terdekat, karena itu sunnah beliau saw dan pembuka keberkahan hingga setahun penuh. (Faidhul qadir juz 6 hal 235-236).

Diriwayatkan pula bahwa sayyidna Umar ra menjamu tamu dengan jamuan khusus, pada malam 10 muharram(Musnad Imam Tabrani/ Tafsir Ibn katsir Juz 3 hal 244)


JANGAN MENUNDA BERSEDEKAH

Dari Abu Hurairah r.a:
“Ada seorang lelaki datang kepada Nabi s.a.w.
lalu berkata: “Ya Rasulullah, sedekah manakah yang teragung pahalanya?”

Rasulullah s.a.w. bersabda:
“jikalau engkau bersedekah, sedangkan engkau itu masih sehat,
dan sebenarnya engkau merasa sayang mengeluarkan sedekah itu,
karena takut menjadi fakir dan engkau amat mengharap-harapkan untuk menjadi kaya.

Tetapi janganlah engkau menunda-nunda,
sehingga apabila nyawamu telah sampai di kerongkong lalu berkata:
“Untuk si Fulan itu, yang ini dan untuk si Fulan ini, yang itu,
sedangkan orang yang engkau maksudkan itu
telah memiliki apa yang hendak kau berikan.”
(Muttafaq ‘alaih)

pedulisehati 2013 dot com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: